Secara garis besar logo yaitu gambar atau bentuk bagan yang mempunyai arti filosofi tertentu, untuk merepresentasikan sebuah perusahaan, organisasi, Startup/UKM ataupun individu. Dengan kata lain logo mewakili filosofi, ciri khas dan keunikan dari sebuah perusahaan dan lainnya.
Baca Juga :
Pada artikel sebelumnya sudah diterangkan perbedaan antara Logomark, logotype dan Pictogram Logo, dan kali ini akan dijelaskan mengenai jenis-jenis logo atau tipe yang harus di ketahui dalam desain grafis.
Apa saja jenis-jenis logo tersebut ? berikut penjelasannya :
Jenis logo ini merupakan sebuah logo yang menggunakan teks eksklusif dalam logonya sebagai tanda pengenal yang diungkapkan untuk mengkomunikasi makna dari sebuah perusahaan, teks dalam logo dapat berupa kependekan atau nama perusahaan / merk yang diusung secara langsung.
berikut yaitu beberapa perusahaan yang menggunakan jenis logo ini :
Apa saja jenis-jenis logo tersebut ? berikut penjelasannya :
1. Logo Wordmark / Logotype
Jenis logo ini merupakan sebuah logo yang menggunakan teks eksklusif dalam logonya sebagai tanda pengenal yang diungkapkan untuk mengkomunikasi makna dari sebuah perusahaan, teks dalam logo dapat berupa kependekan atau nama perusahaan / merk yang diusung secara langsung.
berikut yaitu beberapa perusahaan yang menggunakan jenis logo ini :
2. Logo Pictorial
Atau dikenal juga dengan Logomark, Pada dasarnya jenis logo ini menggunakan gambar/simbol tanpa ada peggunaan teks, namun dalam beberapa kasus teks juga digunakan namun hanya sebagai penguat, penjelas atau pendukung dari logo utamanya. Dibutuhkan kreatifitas dan profesionalitas yang tinggi untuk membuatnya dimana logo tidak hanya menjadi sebuah gambar namun mempunyai makna dan filosofi yang dekat dengan perusaan / merk yang diusung.
Beberapa referensi perusahaan dan produk yang menggunakan jenis Logo Pictorial :
3. Logo Abstract Mark
Berbeda dengan logo pictorial, jikalau logo pictorial menggunakan gambar/simbol maka logo ini menggunakan shape(bentuk) aneh sebagai logo utama dan menggunakan teks sebagai pendukung. Namun tidak sembarang bentuk, bentuk aneh yang digunakan dalam jenis logo ini mempunyai makna ataau arti filosofis tersendiri.
Pertamina yaitu salah satu perusahaan yang menggunakan jenis logo ini, dan banyak lagi perusahaan / produk yang menggunakan jenis logo ini, perhatikan referensi gambar dibawah :
4. Logo Letter Mark
Bisa dibilang logo ini yaitu kebalikan dari Logo Abstract Mark dimana dalam logo ini menggunakan karakter atau inisial sebagai logo utama dan pemanis shape(bentuk) atau gambar sebagai elemen pendukungnnya.
Logo jenis ini juga sering kita temui ibarat referensi beberapa merk / perusahaan dibawah ini :
5. Logo Emblem
Logo ini intinya mempunyai sebuah elemen/objek yang berisi sebuah simbol atau teks di dalammnya(seperti emblem), logo ini biasa digunakan oleh organisasi atau klub, namun tak jarang juga ada perusahaan yang menggunakan jenis logo ini ibarat referensi dibawah ini :
6. Logo Character
Logo Character merupakan sebuah logo yang menggunakan karakter mahluk hidup (bisa binatang atau tokoh) atau karakter lain sebagai elemen utama logonya, dan di tambah dengan teks atau inisial sebagai unsur pendukungnya.
Kita dapat ambil referensi dari beberapa logo perusahaan ibarat DreamWork, KFC, WWF, Michelin dan lainnya :
No comments