Persaingan bisnis tidak mengenal ampun dan belas kasih, karna itu ketika ini setiap perusahan berusaha keras untuk membuat Identitas Merek atau Brand yang unik dan berbeda untuk produk mereka.
Brand Identity yang berpengaruh akan berdampak pada interaksi dengan pelanggan yang baik serta penjualan yang semakin meningkat dalam waktu jangka panjang. Pada dasarnya identitas merk yang baik akan menempa kekerabatan emosional dan nilai kepercayaan yang berpengaruh dengan konsumen, hal ini mengakibatkan Brand Identity sebagai faktor utama yang membuat produk Anda terlihat menonjol diantara produk pesaing lain.
Lantas bagaimana cara membangun/mendirikan Brand Identity yang baik ? berbagai tips-tips yang sanggup Anda lakukan salah satunya ialah mempekerjakan seorang yang memang sudah jago dibindang ini. Atau anda sanggup merancangnya sendiri menurut persepsi dan pengalaman Anda, jikalau itu pilihan Anda maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum Anda membangun Brand identity(Identitas Merek) Anda.
Brand Identity yang berpengaruh akan berdampak pada interaksi dengan pelanggan yang baik serta penjualan yang semakin meningkat dalam waktu jangka panjang. Pada dasarnya identitas merk yang baik akan menempa kekerabatan emosional dan nilai kepercayaan yang berpengaruh dengan konsumen, hal ini mengakibatkan Brand Identity sebagai faktor utama yang membuat produk Anda terlihat menonjol diantara produk pesaing lain.
Lantas bagaimana cara membangun/mendirikan Brand Identity yang baik ? berbagai tips-tips yang sanggup Anda lakukan salah satunya ialah mempekerjakan seorang yang memang sudah jago dibindang ini. Atau anda sanggup merancangnya sendiri menurut persepsi dan pengalaman Anda, jikalau itu pilihan Anda maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum Anda membangun Brand identity(Identitas Merek) Anda.
Baca Juga :
1. Kenali Produk dari Brand Tersebut
Maksudnya ialah ketahui apa, kenapa dan untuk siapa produk Anda dibuat, miliki pengetahuan yang menyeluruh wacana produk dari Brand Tersebut ( yang ingin dibentuk merk identitynya ). Baik itu nilai-nilai yang dimaksudkan, faktor-faktor yang membedakan produk Anda dengan pesaing atau ciri-ciri lain yang akan ditampilkan pada Produk Tersebut.
Unsur-unsur ini mendefinisikan kepribadian inti Brand Anda dan karenanya mempunyai pengetahuan yang memadai wacana hal itu ialah mutlak. Mengenal produk Anda membutuhkan banyak instropeksi diri yang mendalam serta kesabaran karna itu jangan terburu-buru dalam hal ini. Jika Anda sudah mengetahu wacana produk Anda maka perhatikan hal selanjutnya yaitu
2. Riset Pasar Secara Menyeluruh
Melakukan riset pasar yang komprehensif akan mempermudah Anda memahami wacana sasaran konsumen Anda. Dengan riset pasar Anda akan tahu apa yang calon konsumen atau sasaran market Anda harapkan dari produk Anda. Data penting menyerupai rincian apa yang konsumen suka dan tidak sukai, pandangan mereka pada produk pesaing lain, tingkat cita-cita mereka untuk membeli produk Anda, dan sebagainya hanya sanggup di dapatkan dengan melaksanakan riset pasar secara menyeluruh.
Detail ini akan sangat membantu Anda dalam merancang Brand Identity produk atau merek yang Anda bangun, maka dari itu jangan pernah remehkan hal ini sebab semua perusahaan besar pun juga melaksanakan riset pasar semisal uji coba produk mereka sebelum launch produk ke publik.
3. Jangan Pernah Meremehkan Pentingnya Sebuah Desain Logo
Bukan hal yang berlebihan untuk menyampaikan bahwa logo merupakan sebuah jiwa dari Brand Identity produk apapun. Logo bertindak hampir menyerupai tanda pengenal sebuah produk atau perusahaan, oleh sebab itu ciptakanlah logo yang gampang diingat konsumen tidak perlu logo yang 'Wah! atau terlalu banyak ornamen yang tidak penting' Just make it simple namun tetap perhatikan hal penting dalam merancang logo menyerupai warna dan lainnya.
[ Baca : 25 Tutorial Dan Tips Membuat Logo Profesional ]
Anda sanggup menyewa seorang desainer professional yang jago dibidang ini untuk merancang logo yang Anda inginkan, walaupun mengeluarkan budget lebih tapi hal itu sepadan dengan hasil yang Anda dapat. Atau jikalau dana Anda tidak cukup Anda sanggup merancang sendiri logo produk Anda dengan cara mencari wangsit terlebih dahulu menyerupai menjelajah di Pinterest, Behance dan lainnya, Jika sudah ada budget lebih barulah minta seorang desainer untuk menyempurnakan logo Anda.
4. Warna yang Eye-catching
Tanpa warna yang menarik logo tidak akan terlihat mengesankan, sangat penting untuk memakai palet warna yang tidak hanya membuat logo Anda terlihat memukau dari segi visual tetapi juga cocok dengan produk dan sasaran pasar Anda. Pemilihan kombinasi warna yang tepat akan berimbas pada terlihat lebih menonjolnya produk Anda dibanding produk pesainng.
Cobalah mulai eksplor dan cari tau lebih mendalah wacana fungsi dan filosofi warna, cari juga wangsit palet warna yang cocok untuk logo merk Anda sanggup melalui Pinterest ataupun Adobe Color, ini akan membantu Anda memilih pilihan warna yang pas serta sesuai dengan produk Anda.
5. Pemilihan Tipografi yang Baik
Sama halnya dengan warna, pemilihan jenis aksara atau Font yang benar dalam merancang Brand Identity yang baik tak kalah penting. Malah hal ini sanggup meningkatkan atau menghancurkan Identitas merek Anda jikalau tidak diperhatkan secara serius.
Lantas jenis aksara atau Font menyerupai apa yang cocok dan tepat untuk digunakan dalam merancang Brand Identity ? Pada dasarnya ini tergantung dari jenis produk apa yang Anda tawarkan kepada konsumen, apakah produk makanan, produk kecantikan atau lainnya. Sebagai contoh, jikalau Produk yang Anda jual ialah berupa produk makanan, maka font yang paling cocok untuk logo Anda ialah jenis font yang strong/bold biar desain logo Anda terlihat mencolok dan terang terbaca.
6. Pentingnya Situs Web dan Sosial Media Pendukung
Di kala digital ini, situs web dan media umum ialah aspek paling representatif yang menunjang promosi produk Anda, tentu Brand Identity yang baik tapi tanpa dibarengi dengan promosi risikonya tidak akan maksimal bukan. Media promosi cetak menyerupai brosur dan sebagainya ialah cara kuno (bukan berarti sudah tidak dipakai), pada kala ini cara terbaik untuk mempromosikan produk ialah dengan proteksi sosial media dan internet.
Untuk itu buatlah situs web dan media umum menyerupai facebook, instagram dan sebagainya untuk produk Anda, hal ini secara tidak eksklusif juga meningkatkan gambaran Brand Anda dikalangan konsumen.
No comments