Ketika Anda mendesain logo, kedengarannya ibarat kiprah yang cukup gampang bukan? Gambarlah sebuah lingkaran, ketik nama perusahaan dan Anda sudah menyelesaikannya. Sayangnya, kalau Anda benar-benar ingin mendapat Salary dari klien Anda, maka sudah seharusnya Anda melaksanakan yang lebih dari itu. Membuat desain logo yang menginovasi yakni kunci Anda sebagai seorang desainer.
Ada berjuta-juta orang yang membutuhkan logo sebagai sarana pemasaran untuk perusahaan mereka. bagi yang bekerja di industri desain logo sudah niscaya mengerti bagaimana menghasilkan logo yang baik untuk klien Anda. Namun, yang perlu Anda ingat bahwa, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam desain logo. Apa sajakah itu?
1. Gunakan Visual Double Entendre
Beberapa logo favorit Saya, memanfaatkan teknik yang disebut Visual Double Entendre atau juga dikenal dengan tehnik Dual Impact, yaitu yang mempunyai dua gambar kemudian dibungkus menjadi satu, melalui konsep atau ide cerdas. Desain diatas yakni pola yang sempurna. Logo ini mengambil bentuk sebuah paku, yang memperlihatkan "lokasi" atau "tempat", tetapi juga terang terlihat ibarat sebuah gelas anggur yang terbalik. Desain Logo yang memakai teknik ini, mendatangkan ide mengesankan. Orang biasanya menyukai permainan pikiran kecil yang Anda mainkan, dan menciptakan mereka menghargai desain.
2. Warna Menjadi Unsur Penting
Salah satu pertimbangan yang paling penting untuk desain logo yakni palet warna. Ini bukan keputusan yang dangkal, alasannya yakni warna membawa arti dan sanggup mengkomunikasikan ide-ide.
Terkadang Anda dipatok dengan warna merek, tetapi ada saatnya dimana Anda akan mempunyai kebebasan untuk mengeksplorasinya.
Terkadang Anda dipatok dengan warna merek, tetapi ada saatnya dimana Anda akan mempunyai kebebasan untuk mengeksplorasinya.
3. Hindari Klise
Setiap tahun, desain logo tiba dengan bermacam tehnik. Maka, Saya berpikir bahwa ada baiknya Anda menanggulangi penggunaan ide yang sama secara berulang-ulang.
Pola dasar ibarat pola di atas, sering kita jumpai dimanapun. Mengapa tidak memakai desain logo yang lahir dari ide Anda sendiri? Mungkin akan lebih baik daripada mengambil karya orang lain. Hindari sebuah klise dalam ilmu desain. Cobalah untuk bereksplorasi dengan pikiran Anda sendiri, kemudian tuangkan apa yang ada di kepala Anda.
Pola dasar ibarat pola di atas, sering kita jumpai dimanapun. Mengapa tidak memakai desain logo yang lahir dari ide Anda sendiri? Mungkin akan lebih baik daripada mengambil karya orang lain. Hindari sebuah klise dalam ilmu desain. Cobalah untuk bereksplorasi dengan pikiran Anda sendiri, kemudian tuangkan apa yang ada di kepala Anda.
4. Berkreasilah Semampu Anda
Daripada mengikuti sebuah kelompok dan memakai desain klise, lebih baik Anda berjuang sendiri untuk sesuatu yang unik dan gampang dikenali. Coba perhatikan pola desain logo Evernote diatas.
Logo yang hanya sebuah kepala gajah, dan tidak terlihat ibarat sebuah konsep yang begitu unik. Namun, coba perhatikan cara menggambarnya, yaitu dengan lekukan di telinganya yang membuatnya ibarat sebuah lipatan kertas.
Saat Anda merancang logo, pertimbangkan apakah desain Anda unik atau biasa saja. Apakah mungkin, orang lain akan menghasilkan sesuatu yang ibarat dengan karya Anda ? Cobalah memulai ide dengan beberapa skema bergairah sebelum menentukan desain ibarat apakah yang berada di pikiran Anda.
Logo yang hanya sebuah kepala gajah, dan tidak terlihat ibarat sebuah konsep yang begitu unik. Namun, coba perhatikan cara menggambarnya, yaitu dengan lekukan di telinganya yang membuatnya ibarat sebuah lipatan kertas.
Saat Anda merancang logo, pertimbangkan apakah desain Anda unik atau biasa saja. Apakah mungkin, orang lain akan menghasilkan sesuatu yang ibarat dengan karya Anda ? Cobalah memulai ide dengan beberapa skema bergairah sebelum menentukan desain ibarat apakah yang berada di pikiran Anda.
5. Coba Pakai Jenis Huruf Kustom
Ketika kita berada pada subyek yang unik, hampir tidak ada yang sanggup memperlihatkan logo Anda rasa unik ibarat halnya yang diberikan oleh karakter kustom.
Jenis karakter kustom membantu Anda untuk memastikan apakah logo sudah cukup baik ? Mungkin ada seorang desainer bisa menirukan jenis karakter yang Anda gunakan dengan waktu singkat. Namun, butuh beberapa keterampilan kasatmata untuk menjiplak jenis karakter kustom.
Perlu diingat, meskipun logo Anda cukup terkenal, orang akan selalu mencoba untuk mematahkannya. Hal ini tentu berlaku untuk logo terkenal di bawah ini :
Jenis karakter kustom membantu Anda untuk memastikan apakah logo sudah cukup baik ? Mungkin ada seorang desainer bisa menirukan jenis karakter yang Anda gunakan dengan waktu singkat. Namun, butuh beberapa keterampilan kasatmata untuk menjiplak jenis karakter kustom.
Perlu diingat, meskipun logo Anda cukup terkenal, orang akan selalu mencoba untuk mematahkannya. Hal ini tentu berlaku untuk logo terkenal di bawah ini :
Font ini telah banyak dicuri orang untuk diparodikan dalam sebuah produk. Ya, mungkin alasannya untuk mendompleng popularitas saja, atau desainer yang membutnya, telah usang terinspirasi dengan Coca-Cola.
6. Tetaplah Sederhana
Tidak semua orang bisa menerobos dunia bisnis dengan desain yang indah. Namun, kalau Anda tidak cocok dengan pernyataan ini, jangan takut untuk melangkah, alasannya yakni tidak ada yang sanggup mencegah Anda untuk menciptakan logo mengagumkan.
Dalam situasi ini, ingatlah bahwa kesederhanaan logo yang berpengaruh akan membuatnya menembus dunia bisnis dan selalu mengambarkan bahwa terkenal diseluruh dunia tidak melulu harus glamor dan rumit lihatlah pola logo nike diatas begitu sederhana namun berhasil terkenal diseluruh dunia dengan kesederhanaannya itu.
Dalam situasi ini, ingatlah bahwa kesederhanaan logo yang berpengaruh akan membuatnya menembus dunia bisnis dan selalu mengambarkan bahwa terkenal diseluruh dunia tidak melulu harus glamor dan rumit lihatlah pola logo nike diatas begitu sederhana namun berhasil terkenal diseluruh dunia dengan kesederhanaannya itu.
7. Pertimbangkan Proporsi & Simetri
Pada poin ini, masih ada beberapa pelajaran penting untuk Anda. Coba Anda perhatikan logo Twitter diatas.
Lingkaran tidak dipakai untuk meyakinkan Anda perihal gambar burung yang tidak masuk akal. Akan tetapi, lingkaran-lingkaran tersebut dipakai hanya sebagai panduan untuk menciptakan logo secara seimbang dengan kurva dan busur yang konsisten.
Lingkaran tidak dipakai untuk meyakinkan Anda perihal gambar burung yang tidak masuk akal. Akan tetapi, lingkaran-lingkaran tersebut dipakai hanya sebagai panduan untuk menciptakan logo secara seimbang dengan kurva dan busur yang konsisten.
8. Pikirkan Tentang Ruang Negatif
Membuat Desain dengan makna ganda yakni trik yang sudah ada tidak mengecewakan usang yang memanfaatkan ruang negatif dalam logo dengan beberapa cara cerdas. Tehnik ini dipakai oleh perusahaan pengiriman barang yang menggambarkan anak panah diantara karakter E dan X. Silakan Anda perhatikan dengan seksama. Ruang negatif dipakai secara halus. Kebanyakan orang melihat logo FedEx selama beberapa tahun, namun tidak semua menyadari tanda panah antara 2 karakter terakhir itu.
9. Pasif vs Aktif
Salah satu aspek yang menarik dari desain logo yakni konsep menanamkan gerakan atau acara menjadi sebuah logo. Hal ini memang tidak selalu tepat, tetapi terkadang itu benar-benar sanggup memperlihatkan dorongan yang dibutuhkan, baik dari sudut pandang visual maupun konseptual.
Sebagai contoh, mari kita lihat lagi logo Twitter . Logo Sebelumnya memperlihatkan burung dengan posisi duduk bertengger, dan kemudian diubah dari pasif menjadi aktif dan risikonya burung dibuat dengan posisi terbang. Dalam literasi terbaru, mereka mengambil konsep ini lebih jauh dengan mengarahkan burung ke atas untuk memperlihatkan bahwa ia naik ke udara, bukan mengambang di sepanjang lintasan yang sama.
Sebagai contoh, mari kita lihat lagi logo Twitter . Logo Sebelumnya memperlihatkan burung dengan posisi duduk bertengger, dan kemudian diubah dari pasif menjadi aktif dan risikonya burung dibuat dengan posisi terbang. Dalam literasi terbaru, mereka mengambil konsep ini lebih jauh dengan mengarahkan burung ke atas untuk memperlihatkan bahwa ia naik ke udara, bukan mengambang di sepanjang lintasan yang sama.
10. Mengetahui Makna
Setiap logo yang baik mempunyai sebuah cerita. Jauh lebih bermakna dari sekedar sketsa. Logo yang berpengaruh dipenuhi dengan makna yang tampak maupun tersembunyi. Kita telah membahas hal ini dalam beberapa perkara di atas. Panah pada logo FedEx mengindikasikan bergerak maju dan melaksanakan pengiriman, logo Apple mempunyai "gigitan" yang hilang, dan burung pada logo Twitter terbang menuju ke atas.
Hal ini sangat cantik ketika Anda sebagai seorang desainer sanggup memperlihatkan pada klien, berapa banyak pikiran dan pikiran sehat pada logo yang Anda produksi untuk mereka.
Klien mungkin berpikir bahwa semua yang mereka inginkan yakni sesuatu yang segar dan sejuk, tetapi kalau Anda malah memperlihatkan logo yang mengikat pada nilai-nilai inti dari misi perusahaan, itu artinya Anda akan meniup pikiran mereka dan mereka akan mengasihi desain logo karya Anda.
sumber : https://blog.sribu.com
Hal ini sangat cantik ketika Anda sebagai seorang desainer sanggup memperlihatkan pada klien, berapa banyak pikiran dan pikiran sehat pada logo yang Anda produksi untuk mereka.
Klien mungkin berpikir bahwa semua yang mereka inginkan yakni sesuatu yang segar dan sejuk, tetapi kalau Anda malah memperlihatkan logo yang mengikat pada nilai-nilai inti dari misi perusahaan, itu artinya Anda akan meniup pikiran mereka dan mereka akan mengasihi desain logo karya Anda.
sumber : https://blog.sribu.com
No comments