Halaman

    Social Items

Unsur Pokok Penunjang Proses Desain Grafis Unsur Pokok Penunjang Proses Desain Grafis

Jika sebelumnya kita sudah membahas wacana sejarah singkat desain grafis, maka kali ini kita akan membahas mengenai unsur pokok penunjang desain grafis. Apa saja unsur pokok penunjang desain tersebut ? berikut penjelasannya :





1. Estetis

Yaitu rancangan desain grafis harus mempunyai unsur estetika atau keindahan.

Unsur Estetika Dalam Desain Grafis

2. Fungsional

Yaitu karya harus sanggup dipakai pada kesempatan yang sempurna serta sesuai menurut kebtuhan masyarakat yang memakainya.

Unsur Fungsional Dalam Desain

3. Fleksibel

Yaitu gampang dinikmati oleh masyarakat manapun atau dalam kesempatan apapun.

Unsur Fleksibel Dalam Desain

4. Realized

Yaitu sanggup direalisasikan atau dibuat. Dalam hal ini, juga dipikirkan persoalan akomodasi pembuatan, dan teknis pembuatan.

5. Ekonomis

Yaitu dibentuk dengan menyesuaikan keadaan ekonomi masyarakat yang menggunakannya atau sesuai dengan kondisi pasar. untuk itu, desain sanggup dibagi dua yakni :

Faktor Ekonomis Dalam Desain

  • Desain Exclusive
    Desain yang mengikuti selera dari konsumen tertentu, walaupun harga jualnya tinggi mereka akan tetap membeli produk yang dibuat

    Desain Khusus eksklusif

  • Desain Masal/Mass Production
    Sering disebut sebagai Repeat Design, desain produk yang dibentuk berulang-ulang alasannya usul pasar dan dengan harga jual yang relatif murah.

    Desain Masal/Mass Production

6. Pasar / Market

Yaitu hasil rancangan berorientasi pada hasil penelitian kebutuhan pasar ketika itu (tend).

Untuk mengatasi persoalan yang timbul dari perpaudan 6 unsur diatas tadi, seorang desainer grafis harus melaksanakan feedback (umpan balik) dengan memerhatikan antara lain :

  • Selera Konsumen : kelompok individual yang merupakan kelompok minoritas dalam masyarakat. dan kelompot Mayoritas, kelompok masyarakat kelas menengah dan jumlahnya cukup besar (selera yang mengikuti demam isu masa kini).
  • Gaya Hidup : sanggup dilihat dari kondisi sosial maupun kondisi georgrafisnya.

    Gaya Hidup, Selera Konsumen, Lifestyle


Unsur Pokok Penunjang Proses Desain Grafis

Dewa Desain
Unsur Pokok Penunjang Proses Desain Grafis Unsur Pokok Penunjang Proses Desain Grafis

Jika sebelumnya kita sudah membahas wacana sejarah singkat desain grafis, maka kali ini kita akan membahas mengenai unsur pokok penunjang desain grafis. Apa saja unsur pokok penunjang desain tersebut ? berikut penjelasannya :





1. Estetis

Yaitu rancangan desain grafis harus mempunyai unsur estetika atau keindahan.

Unsur Estetika Dalam Desain Grafis

2. Fungsional

Yaitu karya harus sanggup dipakai pada kesempatan yang sempurna serta sesuai menurut kebtuhan masyarakat yang memakainya.

Unsur Fungsional Dalam Desain

3. Fleksibel

Yaitu gampang dinikmati oleh masyarakat manapun atau dalam kesempatan apapun.

Unsur Fleksibel Dalam Desain

4. Realized

Yaitu sanggup direalisasikan atau dibuat. Dalam hal ini, juga dipikirkan persoalan akomodasi pembuatan, dan teknis pembuatan.

5. Ekonomis

Yaitu dibentuk dengan menyesuaikan keadaan ekonomi masyarakat yang menggunakannya atau sesuai dengan kondisi pasar. untuk itu, desain sanggup dibagi dua yakni :

Faktor Ekonomis Dalam Desain

  • Desain Exclusive
    Desain yang mengikuti selera dari konsumen tertentu, walaupun harga jualnya tinggi mereka akan tetap membeli produk yang dibuat

    Desain Khusus eksklusif

  • Desain Masal/Mass Production
    Sering disebut sebagai Repeat Design, desain produk yang dibentuk berulang-ulang alasannya usul pasar dan dengan harga jual yang relatif murah.

    Desain Masal/Mass Production

6. Pasar / Market

Yaitu hasil rancangan berorientasi pada hasil penelitian kebutuhan pasar ketika itu (tend).

Untuk mengatasi persoalan yang timbul dari perpaudan 6 unsur diatas tadi, seorang desainer grafis harus melaksanakan feedback (umpan balik) dengan memerhatikan antara lain :

  • Selera Konsumen : kelompok individual yang merupakan kelompok minoritas dalam masyarakat. dan kelompot Mayoritas, kelompok masyarakat kelas menengah dan jumlahnya cukup besar (selera yang mengikuti demam isu masa kini).
  • Gaya Hidup : sanggup dilihat dari kondisi sosial maupun kondisi georgrafisnya.

    Gaya Hidup, Selera Konsumen, Lifestyle


No comments